Jumat, 21 November 2014

Bermain Bola Bareng Hukum Newton

Saat ini lagi zaman-zamannya Piala Dunia, Sir Isaac Newton juga tidak ketinggalan dengan hukum-hukumnya, termasuk kontribusinya dalam permainan sepakbola. Tanpa kita sadari bahwa 3 Hukum Gerak Newton selalu diaplikasikan dalam permainan sepakbola, seperti yang sering kita tonton. Ini dia selengkapnya!!

1. Hukum I Newton
Berbunyi : ”Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.”

Contohnya ialah ketika kita mengumpan bola ke teman kita, maka lama kelamaan bola tersebut bergerak semakin lambat dan pada akhirnya berhenti.

2. Hukum II Newton
Berbunyi : ”Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada benda berbanding lurus dengan besar gayanya dan berbanding terbalik dengan massa benda.”

Contohnya ketika kita menendang bola, yaitu semakin kuat tendangan yang kita berikan, maka semakin kencang pula laju bola yang kita tendang tersebut.

3. Hukum III Newton
Berbunyi : ”Jika benda pertama memberikan gaya pada benda kedua maka benda kedua akan memberikan gaya balasan yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan.”

Contohnya ketika kita menendang bola dari sisi kanan, lalu bola tersebut mengenai tiang gawang sehingga berbelok ke arah kiri. Gaya bola ke tiang (dari sisi kanan) disebut gaya aksi, sedangkan gaya reaksi yaitu gaya tiang kepada bola (yang menyebabkan bola ke arah kiri).

0 komentar:

Posting Komentar