Selasa, 18 November 2014

Penerapan Hukum Newton dalam Permainan Bola Basket

Sir Isaac Newton adalah seorang fisikawan yang berasal dari Inggris. Dia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik. Beliau mencetuskan tiga hukum fisika yang menjadi dasar mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali hal yang berkaitan dengan ilmu fisika, salah satunya adalah pada kegiatan olahraga seperti olahraga basket. Bola basket yang baik dan berstandar internasional menjadi syarat utama pertandingan basket dunia, tetapi yang menjadi peran utama dalam olahraga basket adalah teknik permainan para atlet di lapangan. Teknik permainan para atlet ini merupakan demonstrasi fisika dalam penerapan Hukum Newton.


Berikut ini beberapa bukti hubungan anatara Hukum Newton dengan olahraga bola basket.

a.   Hukum Newton 1 (kekekalan)

Setiap benda tetap berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus, jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut atau tidak ada gaya total pada benda tersebut.

Pada saat Drribbling, bola basket akan terus bergerak atau berputar jika digiring, dan pada saat bola itu ditangkap, maka otomatis bola akan berhenti bergerak atau berputar. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kekekalan sebuah bola basket, seorang atlet harus mampu menguasai bola.

b.   Hukum Newton II (Percepatan)

Jika suatu gaya total bekerja pada benda, maka benda akan mengalami percepatan, dimana  arah percepatan sama dengan arah gaya  total yang bekerja padanya.

Pada saat melakukan shooting, seorang atlet harus menentukan kekuatan gaya yang dibutuhkan untuk memasukkan sebuah bola ke dalam ring, terantung jarak antara atlet dan ring.

Apabila ring jaraknya dekat dengan atlet, maka gaya harus kecil hingga percepatan bola juga lamban, dan bentuk sudut siku. Sebaliknya, jika ringnya jauh, maka gaya yang dibutuhkan juga besar agar jarak yang didapatkan maksimal.

c.   Hukum Newton III (Reaksi)

Apabila sebuah benda memberikan gaya kepada benda lain, maka benda kedua memberikan gaya kepada benda yang pertama. Kedua gaya tersebut memiliki besar yang sama tetapi berlawanan arah.

Pantulan bola basket saat drribbling, saat bola di-drribbling pasti memanfaatkan lantai sebagai tempat untuk memantulkan bola tersebut ke atas. Lantai akan memberikan reaksi pada saat bola tersebut jatuh ke bawah, dan memantulkannya kembali ke atas.

Dari kehidupan sehari-hari dapat kita simpulkan bahwa banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan fisika, salah satunya adalah pada kegiatan olahraga basket. Ditinjau dari fisika kita dapat menghubungkannya dengan materi hukum newton.

0 komentar:

Posting Komentar